banner

Ada Apa Pemkab Basel? Penerimaan P3K Tahun 2023 Terindikasi Penuh Kecurangan

  • Bagikan

Bangka Selatan, Tinta Merah,-

Proses Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Tahun 2023 di Kabupaten Bangka Selatan, kembali menorehkan catatan dan tinta merah, karena diduga kuat ada Kongkalikong (Red kecurangan) Rabu 17/01/2023

Hal ini stelah Sejumlah oknum peserta yang lulus hasil pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Tahun 2023 terindikasi kecurangan.

Bentuk kecurangan yang dilakukan oleh sejumlah oknum peserta PPPK tersebut diduga dengan melakukan manipulasi data.

Di Basel diduga untuk Penerimaan P3K penuh kecurangan bang (Red media), ada yang pakai orang dalam, ada yang manipulasi data, dan masih banyak lainnya lah bang.

Jujur kami miris melihat dan mendengarnya seperti ini. ujar JH salah satu warga masyarakat yang anaknya gagal dalam penerimaan P3K meski sudah berjuang dan mengabdi lebih dari 5 Tahun di Basel.

Dari hasil penulusuran yang dilakukan awak media dan data tahun 2022, sejumlah peserta yang ikut bahkan lulus ternyata bukan berlatar belakang guru. Mereka adalah tenaga perpustakaan, operator sekolah, petugas jaga/satpam, dan tata usaha. Tak hanya itu, ada juga yang belum memenuhi masa kerja seperti yang dipersyaratkan oleh ketentuan dan aturan yang ada.

Salah satu sumber yang meminta namanya dirahasiakan meminta kepada Dinas terkait agar melakukan Croscek ulang secara transparan terhadap berkas administrasi peserta PPPK guru yang telah dinyatakan lulus sebelum dilantik.

Hal itu bertujuan agar peserta yang lulus PPPK guru benar-benar sesuai aturan dan berlatar belakang guru.

“Jangan ada honorer seperti operator sekolah bisa ikut, tenaga perpustakaan bisa ngikut, sedangkan kami guru kelas mati-matian sampai sekarang masih berharap diangkat menjadi PPPK,” Ujarnya kepada team media.

Ia berharap oknum peserta PPPK yang diduga curang dan lulus tes tersebut bisa dianulir dan digantikan guru yang sesuai dengan ketentuan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Selatan Elfan Rulyadi Saat dikonfirmasi team media perihal dugaan kecurangan tersebut pada Kamis (11/1) memberi tanggapan.

Menurut Elfan, banyak yang menginfokan kejadian ini kepada dirinya, namun pihaknya belum mendapatkan siapa-siapa tenaga pendidik (Tendik) yang dimaksud.

Disampaikan Elfan, untuk saat ini data yang lulus dari pengumuman masih guru semua yang lulus konfirmasi dari kepala-kepala sekolah.

“Banyak yang menginfokan seperti ini Bang, namun kami belum mendapatkan siapa-siapa tendik yang dimaksud. Untuk saat ini data yang lulus dari pengumuman masih guru semua yang lulus konfirmasi dari kepala-kepala sekolah,” kata Elfan.

Seperti diketahui Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja adalah Warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Untuk Kabupaten Bangka selatan dikabarkan mendapat formasi sekitar 596 PPPK dengan rincian 347 tenaga pendidikan, 233 tenaga Kesehatan dan 16 tenaga teknis.

(Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *